Jatimbangkit.com
Headline Mojokerto Pemerintahan

Lima Saran Kapolda Jatim dalam Vidcon Bahas Penanganan PMI Bersama Forkopimda

Mojokerto Bangkit – Rapat yang dipimpin Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi, S I.K, M.I.K. Bersama Wakil Walikota Mojokerto H. A.Rizal Zakaria, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto. SH. diwakili Pabung Dim, mengikuti Vidcon Rapat Pembahasan Penanganan PMI (Pekerja Migran Indonesia) Di Jawa Timur Bersama Forkopimda Provinsi Jawa Timur. Senin (26/04/21)

Penyampaian dari koordinator produk riset Covid-19 Unair  I Nyoman Tri Puspaningsih, terkait perkembangan Covid-19 tentang analisa varian baru Covid-19 dari beberapa negara. Awal pandemi, berdasarkan database SARS-CoV-2 Internasional GISAID (Global Initiative on Sharing All Influenza Data), virus SARS-CoV-2 di Indonesia didominasi oleh golongan L tanpa mutasi D614G.

“Menariknya sampai akhir November 2020, saat ada 110 genom virus SARS-CoV-2 dari Indonesia di database GISAID, virus SARS-CoV-2 dengan mutasi D614G sudah mendominasi. Ada 65 (59%) dari 110 virus dari Indonesia tersebut mengandung mutasi D614G” Sebut I Nyoman

Bahwa Tim Peneliti Vaksin dari Universitas Airlangga memperhitungkan adanya mutasi virus Covid-19 selama ini. Dan uji vaksin merah putih yang kini tengah dilakukan uji preklinik pada hewan besar maka, sudah memperhatikan tiga beberapa mutasi.

Menjelaskan,  “bahwa terdapat Tiga mutasi virus Corona diketahui selama setahun ini menjadi D614G, B117, E484K dan B1525. Bahkan, di Indonesia khususnya Surabaya, sejak awal sudah masuk mutan D641G,” Kata koordinator produk riset Covid-19 Unair.

Dilanjutkan dengan penyampaian dari Mayjen TNI Suharyanto (Pangdam V/Brw) yang intinya, Kepulangan PMI baik secara mandiri maupun karena dideportasi harus dipastikan mereka dalam keadaan sehat dan tidak membawa virus corona, oleh karena itu, penanganan kepulangan PMI harus diperketat dan dipersiapkan dengan baik.

“Organisasi awal dilaksanakan tingkat Korem, dengan jumlah kepulangan PMI, WNI, serta kedatangan WNA meningkat, dan saran Orgas dilaksanakan tingkat Kodam, terkait kepulangan PMI dan WNI di bandara Juanda Surabaya akan di karantina yang diarahkan ke asrama Haji di Surabaya,” Saran Pangdam

Baca Juga :  Masuk Zona Hitam, Forkopimda Bangkalan Gencar Imbau Prokes

Terkait pelaksanaan swab kepulangan PMI akan dilaksanakan tes Swab PCR (Polymerase Chain Reaction) di 3 RS Surabaya, RS Menur, RS Brawijaya dan RS Dr. Soetomo Surabaya, untuk mekanisme penanganan PMI dan WNI yang selama ini dilaksanakan di lapangan.

Sementara dari Kapolda Jatim juga menyampaikan hal  penting, Tentang langkah-langkah pemerintah menyiapkan berbagai antisipasi kepulangan para pekerja migran Indonesia (PMI) ke Tanah Air dari luar negeri untuk merayakan Lebaran di kampung halaman di Jatim.

“Lima Penyampaikan Kapolda Jatim meliputi Penyiapan personil yang masuk tim satgas, dan di data nomor HP disatuan masing-masing, Penyiapan SOP Kodal, saran komunikasi dengan WA group dan HT,  Penyiapan sarana di beberapa tempat A bandara D rumah sakit C tempat karantina, Kesepakatan Prosedur penanganan PMI sejak masuk, dan yang terakhir dukungan Anggaran,” Pinta Irjen Pol Nico Afinta

Kapolresta Mojokerto mengatakan, Vidcon yang dipimpin Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, dari Kota yang ikut Wakil Walikota Mojokerto H. A.Rizal Zakaria, Mojokerto, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto. SH. diwakili Pabung Dim 0815 Mayor Inf. Nuriman, Waka Polresta Mojokerto KOMPOL Iwan Sebastian, S.ST., SH., MH. Dan Pejabat Utama Polresta Mojokerto, Plt. Kadinkes Kota Mojokerto Hariyanto,  Kabid Yankes Dinkes Kota Mojokerto drg Citra Mayangsari, Kasi Transmigrasi Disnaker Kota Mojokerto Iwan Hadiantoro,  Plt. Kasubbag Humas Polresta Mojokerto IPDA MK. Umam, SE

 

@umam_wsh46

baca juga :

Ditreskrimsus Polda Jatim Bongkar Sindikat Pembuatan Ijazah Palsu Illegal

Redaksi Mojokerto

Rakernis Gabungan 4 Divisi, Kapolri Minta Penguatan Transformasi Menuju Polri Presisi

Redaksi Mojokerto

Silaturahmi Kapolresta Mojokerto di Kediaman Ketua LDII

Redaksi Mojokerto