Jatimbangkit.com
Headline Jatim Kesehatan Mojokerto Nasional Terkini

Antisipasi Penyebaran DBD, Bhabinkamtibmas Terjun Langsung Lakukan Fogging Bersama Warga Desa

Mojokerto // jatimbangkit.com – Sebagai upaya untuk mengantisipasi maraknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Bhabinkamtibmas Polsek Dlanggu Aiptu I Komang Karmayasa bersama perangkat Desa menggelar kegiatan fogging diwilayah Desa Pohkecik, Rabu (20/3/2024).

Seperti yang diketahui bersama, DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti yang hidup didaerah tropis dan subtropis. Untuk demam berdarah ringan biasanya akan menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu dan untuk demam berdarah parah bisa menyebabkan pendarahan serius serta penurunan tekanan darah secara tiba-tiba hingga menyebabkan kematian.

“Melakukan penyemprotan fogging dengan obat yang sudah dianjurkan dinilai efektif untuk membunuh nyamuk aedes aegypti yang menjadi faktor utama penyakit DBD, kegiatan fogging difokuskan pada area pemukiman warga yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk” ucap Aiptu I Komang Karmayasa.

Aiptu I Komang Karmayasa juga mengingatkan jika fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan, sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M yaitu menguras, menutup dan mendaur ulang.

Ditempat terpisah, Kapolsek Dlanggu IPTU M Khoirul Umam SE MH membenarkan bahwa bhabinkamtibmas Aiptu I Komang Karmayasa sedang membantu kegiatan fogging di Desa Pohkecik untuk menciptakan lingkungan yang sehat nyaman dan terhindar dari serangan nyamuk demam berdarah.

“Cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas terik tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor rentannya penularan penyakit sehingga kami juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan bila perlu mengkonsumsi vitamin C,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kompak, Forkopimcam Dlanggu dan Lintas Sektoral Bagi Takjil Ramadan

baca juga :

Polsek Dlanggu Sambut Ramadhan Dengan Giat “One Day One Juz”

Redaksi Mojokerto

Guyubnya TNI Polri dengan Olahraga Bersama melalui Pertandingan Tenis

Redaksi Mojokerto

Razia Knalpot Brong Bersama Danramil, Kapolsek Dlanggu : Edukasi Etika Berkendara

Redaksi Mojokerto