Jatimbangkit.com
Headline Jatim Mojokerto

Satlantas Polresta Mojokerto Razia Terhadap ODOL dan Kereta Kelinci

bhayangkaranews.com, Mojokerto – Demi keamanan, keselamatan Ketertiban dan kelancaran masyarakat di jalan, Satlantas Polresta Mojokerto adakan razia terhadap kendaraan ODOL (over dimention dan  over loading), tidak hanya angkutan barang, kereta kelinci yang nekat masuk jalan protokol juga dapat membahayakan masyarakat. Rabu (2/2/2022)

Peduli dengan masyarakat, razia dilakukan rutin, sedikitnya, sebanyak 5 pelanggar ditilang dalam sehari. ”Biasanya kami gelar di jalan Gajahmada dan Utara sungai,” jelas IPTU Karen KBO Satlantas Polresta Mojokerto.

Selain pelanggaran kapasitas muatan, Polresta Mojokerto juga menindak pelanggar yang lewati jam larangan masuk kota, “ Rata-rata Overdimensi karena muatan, kalau secara KIR-nya (Pelanggaran penambahan rancang bangun kendaraan) belum ditemukan,” tambahnya.

Menurut pasal 227 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, tidak hanya berlaku pada kendaraan angkutan barang, juga berlaku pada kendaraan modifikasi seperti Odong-odong (Kereta kelinci)

Kendaraan seperti Kereta kelinci hanya dipersilakan beroperasi di kawasan wisata seperti alun-alun dan jalan Benteng Pancasila, Satlantas Polresta Mojokerto juga berharap agar kereta kelinci tidak nekat beroperasi di luar tempat yang disediakan, sebab kendaraan tidak sesuai spesifikasi yang bisa membahayakan penumpang.

Kasi Humas Polresta Mojokerto IPTU MK Umam menambahkan, “kegiatan rutin yang ditingkatkan oleh satuan lalulintas ini merupakan pelanggaran yang dilakukan para pengemudi kendaraan barang dengan muatan berlebih atau Over Dimension dan Over Loading (ODOL) sebagai kejahatan kemanusiaan dan  isi sebutan dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).(MK/RH)

Baca Juga :  KH. Syifaur Romli Beri Surban ke Kapolresta Mojokerto, Ini Kata Kyai

baca juga :

Bupati Mojokerto Didampingi Kapolres Tinjau Vaksinasi, Targetkan 70 % Vaksin Harus Selesai

Redaksi Mojokerto

Dandim 0813/ Letkol Arm Arif Yudho Apresiasi Pembangunan di Bojonegoro

Redaksi Mojokerto

Kapolresta : Pastikan Penyimpanan Vaksin dan Genset di Dinkes Kota Mojokerto Nyala

Redaksi Mojokerto