Jatimbangkit.com
Headline Jatim Mojokerto Terkini

Polresta Mojokerto Antisipasi Mobilisasi Hewan PMK di Pos Pantau

jatimbangkit.com, Mojokerto – Polresta Mojokerto rutin melakukan patroli dan penyekatan di pos pantau dalam rangka untuk memantau mobilisasi hewan di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) sejumlah hewan ternak, khususnya sapi di wilayah hukum Polresta Mojokerto.(18/05/22)

Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. mengatakan pihaknya menjadikan wabah PMK ini sebagai atensi dan segera mengambil tindakan dengan memerintahkan para kapolsek bersama pemangku kepentingan  melakukan pemantauan hewan ternak daerah masing- masing.

“Hal itu untuk meminimalisir secara detail dalam mencegah penularan penyakit PMK pada sapi,” ujarnya.

Ia mengatakan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi sangat membantu para peternak sapi untuk mengurangi rasa khawatir akan terjangkit penyakit PMK yang menular pada sapi.

“Maka kami bersama petugas berkolaborasi bersama-sama melakukan pemantauan terhadap hewan ternak tersebut,” terangnya.

AKBP Rofiq mengatakan pemantauan tersebut rutin dilakukan supaya bisa segera mengambil tindakan cepat kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan. “Syukur Alhamdulillah hari ini kami telah membantu meringankan kekhawatiran masyarakat tentang penyakit PMK ini,” kata AKBP Rofiq

Dari pos pantau gabungan, Kapolsek Kemlagi AKP Sugeng Budi Santoso bersama pemangku kepentingan setempat berkeliling dari kandang sapi ke kandang lainnya untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi yang ada di Kecamatan Kemlagi.

“Pihaknya memantau dan melihat kondisi sapi agar tidak ada yang terjangkit PMK yang marak akhir-akhir ini,” jelasnya.

Ia berharap warga tidak takut melapor ke petugas apabila hewan ternak mereka mengalami penurunan kesehatan dengan ciri – ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, lepuh di lidah.

“Terima kasih pada petugas yang sudah turun untuk mengecek kesehatan hewan ternak sapi” tutupnya.(MK/MR/RK)

Baca Juga :  Polisi Berhasil Amankan Komplotan Pencuri Bobol Dua Toko di Jember

baca juga :

Kelilingi Gereja, Kapolresta Mojokerto : Hati Saya Sudah Hadir Sejak Saya Masuk Mojokerto Kota

Redaksi Mojokerto

Pantau Ketersediaan Minyak, Polresta Mojokerto Sasar Pasar

Redaksi Mojokerto

Wujudkan Pimpinan Polri Presisi, Kapolresta Mojokerto Buka KKP Sespimmen Pokjar 10

Redaksi Mojokerto