Jatimbangkit.com
Jatim

Polri Buka Rekrutmen Khusus Jalur Sarjana, Simak Persyaratannya

Polres Trenggalek – Polri kembali membuka kesempatan bagi pemuda pemudi terbaik untuk bergabung dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui lembaga Kepolisian. Penerimaan siswa sekolah Inspektur polisi sumber sarja (SIPSS) tahun anggaran 2021 ini Untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri melalui penambahan kekuatan personel.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kabagsumda Kompol Suprapto S.H., menjelaskan dalam SIPSS ini terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus terpenuhi diantaranya lulusan dari perguruan inggi negeri/swasta dengan program studi terakreditasi A dan B dengan IPK minimal 2,75 serta wajib mengikuti dan lulus pemeriksaan serta pengujian dengan sistem gugur.

“Pendaftaran dan verifikasi dibuka mulai tanggal 7-24 Januari 2021” Jelas Kompol Suprapto.

Sesuai dengan pengumuman nomor 1/I/DIK.2.1/2021 yang diteken Kepala Biro Pengendalian Personel Polri Brigadir Jenderal Jawari pada Selasa, 5 Januari 2021 ditegaskan jurusan yang disyaratkan, meliputi:

S1/S1 profesi,

  1. Kedokteran umum (profesi)
    2. Kedokteran gigi (profesi)
    3. Psikologi
    4. Biologi (murni)
    5. Teknik informatika (programming)
    6. Teknik informatika (jaringan)
    7. Sistem informasi (database)
    8. Desain komunikasi visual/desain grafis
    9. Teknik penerbangan
    10. Teknik elektro (arus lemah)
    11. Teknik metalurgi
    12. Hubungan internasional
    13. Sastra Cina
    14. Sastra Perancis atau Spanyol
    15. Pendidikan olahraga
    16. Pendidikan kurikulum
    17. Farmasi apoteker (profesi)
    18. Ilmu komunikasi (public relation)
    19. Ilmu komunikasi (jurnalistik)
    20. Perpajakan
    21. Semua program studi + sertifikat CPL IR Flying School

D-IV meliputi,

  1. Ahli Nautika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub)
  2. Ahli Teknika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Teknik Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub)
  3. Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan
Baca Juga :  Pengamanan Malam Tahun Baru Sukses, Kapolres Trenggalek: Berkat Peran Serta Semua Pihak

Sedangkan khusus untuk program studi kedokteran, dokter umum, dan dokter gigi, wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internship (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

Kompol Suprapto menuturkan, pendidikan dilaksanakan selama 6 bulan, mulai tanggal 2 Maret sampai dengan 2 September 2021 di Akademi Kepolisian (Akpol) Lemdiklar Polri Semarang, Jawa Tengah

Pihaknya menambahkan, semua proses seleksi mulai dari pendaftaran hingga pengumuman terakhir tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Dalam hal Rekrutmen, Polri menerapkan prinsip `Betah`, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Jadi jangan percaya kalau ada yang menawarkan bisa meluluskan dengan imbalan tertentu. Semua proses dilakukan secara terbuka” Ucapnya

Bagi yang berminat lanjut Kompol Suprapto, bisa mengakses http://www.penerimaan.polri.go.id atau datang langsung ke kantor Bagsumda Lantai 2 Mapolres Trenggalek. Pihaknya akan memberikan penjelasan secara gamblang terkait dengan seluk beluk penerimaan anggota Polri.