Jatimbangkit.com
Jatim

Nekat Kunjungi Lokasi Wisata Saat Libur Nataru di Trenggalek, Petugas Minta Balik Kanan

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menurunkan ratusan personelnya untuk mengamankan libur tahun baru 2021. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan melonjaknya wisatawan di beberapa lokasi wisata yang ada di kabupaten Trenggalek. Jumat, (1/1).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, rangkaian pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih berlanjut. Beberapa hari kedepan, pengamanan memang lebih difokuskan pada lokasi wisata, terutama wilayah kecamatan Watulimo yang kerap menjadi jujukan warga baik wisatawan lokal maupun luar kota.

“Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Trenggalek nomor: 065/5059/406.003.2/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang antisipasi penyebaran Covid-19 pada libur Natal 2020, malam pergantian tahun dan libur tahun baru 2021. Seluruh destinasi wisata ditutup mulai tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2021.” Jelas AKBP Doni

Selain itu lanjut AKBP ada pembatasan aktivitas pada jam malam mulai pukul 20.00 Wib sampai dengan 04.00 Wib dan bagi warga luar daerah yang masuk wilayah Trenggalek diminta menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 melalui Rapid antigen paling lama 3X24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan kepada petugas Chek point.

Meskipun sudah dilakukan sosialisasi secara masif, tidak menutup kemungkinan masih ada kalangan masyarakat khususnya luar kota Trenggalek yang belum mengetahui dan tetap nekat datang ke lokasi wisata di Trenggalek.

“Tetap kita antisipasi dan kita minta untuk kembali ke rumah masing-masing tentunya dengan mengedepankan tindakan preventif humanis” Imbuhnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, S.Sos selaku karendalops Lilin Semeru 2020 mengatakan, untuk pengamanan hari ini melibatkan sedikitnya 163 personel untuk membackup pengamanan di Watulimo. Angka tersebut belum termasuk puluhan petugas dari Kodim 0806, Satpol PP maupun Dishub.

Baca Juga :  Hari Pers Nasional, AKBP Deddy Supriadi: Insan Pers Kawan Saya

Personel pengamanan kemudian disebar di beberapa lokasi antara lain Pintu masuk Durenan, perbatasan Sripit, Goa Lowo, Pantai Mutiara, Pasir Putih, Prigi, Cengkrong dan Damas. Sedangkan untuk lokasi wisata lokal yang berada di kecamatan lain diamankan oleh petugas Polsek bekerjasama dengan Koramil dan Satpol PP setempat.

“Kita siapkan pos chek point di simpang tiga Sripit yang merupakan perbatasan Bandung Tulungagung dengan Watulimo Trenggalek untuk pemeriksaan rapid test sekaligus filter pengendara. Jika menuju lokasi wisata kita minta balik kanan kembali ke rumah masing-masing” Jelas Kompol Mujito.

Disamping itu, pihaknya juga menerjunkan tim urai dan patroli mobile guna mengantisipasi aksi kriminalitas maupun gangguan Kamtibmas lainnya.