Jatimbangkit.com
Jatim Mojokerto

Tradisi Kenang Pahlawan, KA SPN Bersama Kapolres Mojokerto Raya Ziarah dan Tabur Bunga

jatimbangkit.com, Mojokerto – Mengenang jasa Pahlawan dalam rangkaian peringatan hari Bhayangkara ke – 76 tahun 2022, Korp Bhayangkara melaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto, Kamis (30/6/2022) pagi.

Selaku Inspektur Upacara ziarah dan tabur bunga, Ka SPN Polda Jatim Kombes Pol. Sugeng Hariyanto didampingi Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan, SiK. SH. MH dan Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar, S.I.K, M.Si. Bersama pejabat utama serta Bhayangkari

Pada kesempatan itu, Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan menabur bunga di makam anggota Polri Mojokerto yang pertama kali gugur pada tanggal 30 November tahun 1945 bernama Tarmidi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanda penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan Polri yang telah gugur.

AKBP Rofiq menuturkan, kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan sudah merupakan tradisi dalam setiap peringatan Hari Bhayangkara. Menurutnya, hal ini dilaksanakan untuk mengenang jasa dan perjuangan para pejuang Polri.

“Tradisi ziarah dan tabur bunga di TMP ini selalu kita lakukan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara dengan tujuan untuk menghormati dan mengenang kembali jasa para pahlawan pejuang Polri yang gugur dalam medan pertempuran merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Selanjutnya, kita sebagai generasi penerus bertekad mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya guna membangun bangsa jauh lebih baik,” Tutur AKBP Rofiq.

Selain ilaksanakan KA SPN Mojokerto Bersama Kapolres Mojokerto Raya dan Pejabat utama, juga diikuti Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Mojokerto Kota Ny. Sari Rofiq, beserta pengurus dan Taruna AKPOL TK II Angkatan 55 Batalyon Satya Dharma, serta anggota SPN Polda Jatim, Polresta Mojokerto, Polres Mojokerto.

Baca Juga :  Kapolres Mojokerto Raya Laksanakan Tabur Bunga di TMP Gajah Mada Dalam Rangka Menyambut HUT Bhayngkara Ke-75

Sehari sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan mengatakan ziarah dan tabur ini sebagai penghormatan dan saya selaku generasi penerus bangsa, semangat yang dikobarkan dan dicita-citakan oleh para pendahulu bangsa harus terus diperjuangkan untuk saat ini dan kedepannya.

Semangat yang disampaikan Kapolri, harus dijadikan refleksi sebagai energi positif untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa, negara, masyarakat dan institusi Polri, kedepannya.

“Kami terus melanjutkan apa yang telah beliau-beliau ukir dan menjadi warisan kita, serta akan terus kita perjuangkan untuk membawa institusi Polri menjadi lebih baik. Dan juga mengawal bangsa serta negara kita untuk terus melaksanakan programnya menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ucap Sigit. (MK)

baca juga :

Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Polresta Mojokerto Gelar Apel Kontijensi

Redaksi Mojokerto

Antisipasi Penyebaran PMK, Polresta Mojokerto Perketat Mobilitas Hewan Ternak Jelang Idul Adha

Redaksi Mojokerto

Tak Henti Berbagi,Kapolresta Mojokerto Laksanakan Program Jubah Bantu Warga Kurang Mampu

Redaksi Mojokerto