Jatimbangkit.com
Jatim

Siskamling Tak Hanya Soal Keamanan Lho. Ini buktinya

Polres Trenggalek – Kamtibmas yang kondusif dapat tercipta optimal jika didukung dengan peran serta masyarakat. Salah satunya melalui konsep pengamanan mandiri berbasis kawasan yang lebih dikenal dengan sebutan Siskamling atau Sistem Keamanan Lingkungan.

Dalam prakteknya, Siskamling tidak hanya berfungsi sebagai sistem keamanan tetapi bisa dikembangkan sebagai sarana kegiatan yang lain yang bermanfaat bagi warga setempat.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi warga Kelurahan Sumbergedong Kecamatan Trenggalek bersinergi bersama Satbinmas Polres Trenggalek menginisiasi terobosan kreatif yang bertajuk `Siskamling Serbu Mantap`.

Kata Serbu merupakan akronim dari Sedekah seribu rupiah. Ya, setiap hari warga lingkungan sekitar akan menyisihkan seribu rupiah yang kemudian di kompulir oleh petugas yang telah di tunjuk. Mirip metode Jimpitan di kampung-kampung. Nah, hasil dari Serbu mantap yang telah terkumpul tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bersama yang bersifat sosial.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum. dalam sambutannya saat meresmikan `Siskamling Serbu Mantap` tersebut mengatakan, inovasi tersebut merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka optimalisasi Siskamling guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga. Senin, (4/1).

“Hasil yang terkumpul bisa digunakan untuk keperluan perawatan Poskamling dan biaya kegiatan di lingkungan, jadi hasil jimpitan kita gunakan untuk keperluan bersama.” Ujar AKP Suyono.

AKP Suyono mengatakan tujuan mendasar dari Siskamling adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan serta mencegah terjadinya tindak kriminal. Apabila terjadi peristiwa atau tindak kriminalitas, pihaknya meminta agar warga segera lapor tiga pilar untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

“Jangan lupa saat patroli tingkatkan kewaspadaan dan ingatkan warga apabila ada pintu atau jendela belum ditutup ataupun bila ada barang berharga masih di luar rumah.” Imbuhnya.

Baca Juga :  Kapolda Jatim Cek Vaksinasi Berbasis Komunitas Pekerja Di PT.Santos Jaya Abadi

Tak ketinggalan, dalam kesempatan tersebut AKP Suyono juga mengingatkan agar seluruh warga setempat agar selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk saat menjalan tugas ronda dan patroli keliling lingkungan.

“Tetap patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak aman.” Tambahnya.

AKP Suyono berharap, dengan Siskamling Serbu Mantap ini dapat berkontribusi positif serta mendorong peran serta masyarakat dalam menciptakan kamtibmas Kabupaten Trenggalek yang kondusif.

“Semoga dapat menginspirasi lingkungan dan desa lainnya” Harapnya.