Jatimbangkit.com
Headline Jatim Mojokerto

Pertunjukan Barongsai Timbulkan kerumunan, Satgas Covid-19 Mojokerto Mempercepat Perayaan

Ning Ita Bersama Perwakilan dari 3 Pilar Dampingi Perayaan Imlek

jatimbangkit.com, Mojokerto – Mula kegiatan ibadah tidak timbulkan masalah, namun melihat adanya pertunjukan barongsai, masyarakat sekitar mulai berkerumun, Satgas Covid-19 terpaksa bubarkan massa yang berkerumun saat perayaan Imlek 2573 di Klenteng Hok Sian Kiong Kota Mojokerto.timbulkan kerumunan, tindakan cepat dilakukan petugas covid 19 Mojokerto mempercepat pertunjukan barongsai, Selasa (1/2/2022).

Petugas juga hentikan pertunjukan barongsai dan liang liong di lokasi. Tindakan ini diambil petugas Covid-19 karena acara pertunjukan tersebut menimbulkan kerumunan.  Awalnya tidak ada masalah dengan perayaan Imlek di sana. Seluruh warga Tiongjoa menggelar ibadah dan doa di dalam ruangan kelenteng. Setelah semua prosesi peribadatan selesai, barulan pertunjukan seni barongsari dan liang liong digelar.

Kegiatan ini rupanya menyita perhatian warga sekitar. Mereka lantas berbondong – bondong masuk halaman klenteng dan berjubel. Jumlahnya ratusan, sehingga terjadi kerumunan massa.

Petugas jaga sebenarnya sudah menghalau massa untuk tidak masuk ke dalam kelenteng. Namun, mereka terus memaksa hingga membuat petugas kwalahan. Karena itu, petugas langsung meminta warga membubarkan diri.  “Perayaan Imlek di Kota Mojokerto dilakukan pembatasan dan prokes, khususnya pembatasan warga dan masyarakat. Karena itu kegiatan ini terpaksa dihentikan. Sebab, massa cukup banyak dan berkerumun,” kata Dandim Mojokerto Letkol Beni Isman.

Beni mengatakan, semula pertunjukan baronsai dan liang liong digelar dalam waktu lama, namun karena massa makin banyak dan tak terkendali akhirnya dibatasi. “Terpaksa acara kami minta diperpendek dan dihentikan,” Pungkasnya

Baca Juga :  Tindakan Berupa Tilang Masih di Belakukan Bagi Pelanggar Prokes di Polresta Mojokerto