Jatimbangkit.com
Jatim

Cangkruk Bareng Warga, Patroli Siaga Mantap Imbau Warga Patuh Prokes

Polres Trenggalek – Dalam mengelola Kamtibmas yang kondusif, tidak selalu harus menggunakan pendekatan formal. Metode yang diterapkan setidaknya dapat mendorong kontribusi masyarakat dalam keikutsertaan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Seperti halnya yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek ini. Saat melaksanakan patroli rutin di seputaran kota Trenggalek menyempatkan diri berinteraksi dan ngobrol dengan masyarakat yang ditemuinya.

Selain memantau Kamseltibcarlantas, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan sebagai media sosialisasi terkait dengan kebijakan pemerintah ataupun keamanan lingkungan. Komunikasi yang cair dibumbui dengan joke-joke segar dan humanis dipercaya dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

Pun demikian dengan masyarakat sendiri tak sungkan untuk bertanya tentang apapun yang berkaitan dengan hukum, kriminalitas atau yang lain.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan Polres Trenggalek memiliki satu program unggulan yang bertajuk, Patraili Siaga mantap atau Sambang dan berinteraksi dengan warga.

Konsep dasar dari patroli ini adalah komunikasi yang intens antara petugas dengan masyarakat yang juga berfungsi sebagai jembatan aspirasi yang kemudian diimplmentasikan dalam bentuk kebijkan guna menjaga kondusifitas Kamtibmas wilayah.

“Jadi tidak sekadar berpatroli keliling tetapi juga berinteraksi dengan warga. Bisa dirumah warga, Warkop, atau sekadar cangkrukan bersama warga, Dari komunikasi ini kita bisa mengetahui secara detail kondisi Kamtibmas dan seperti apa harapan masyarakat.” Ujar AKP Imam.

Masih kata AKP Imam, dimasa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, patroli siaga mantap difokuskan mendukung langkah-langkah pemerintah khususnya dalam mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut.

Saat berkomunikasi dengan warga, petugas akan menyampiakan imbauan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bukan hanya itu, dalam beberapa kesempatan petugas juga membagikan masker secara gratis.

Baca Juga :  160 Orang Terjaring Swab Antigen di Pelabuhan Kamal, 4 Reaktif

“Petugas sudah kita bekali dengan kompetensi komunikasi dan masker yang dapat dibagikan kepada masyarakat. Kamtibmasnya mantap, kesehatan dan keselamatan tetap terjaga.” Pungkasnya.