Jatimbangkit.com
Headline Mojokerto Nasional

Buka DIKTUKBA Polri 2021, Kapolda Jatim : Kurikulum Presisi Bekali 15.286 Serdik

Jatimbangkit.com, Mojokerto – Mencetak Polri yang Presisi, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta membuka pendidikan Bintara Polri Tahun Anggaran 2021 di Lapangan Tribrata SPN Polda Jatim. Senin(26/07/21) Pagi.

Kapolda Jatim menjadi Irup Upacara Pembukaan DIKTUKBA Polri TA 2021 membacakan amanat Kalemdiklat Polri Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, Saya mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara pada penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2021 dan “Selamat datang di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri”.

Pukul 08.05 wib, “Bismillahirrohmanirrohim pada hari ini saya membuka Pendidikan dan Pelatihan Polri.” Ucap Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat membuka pendidikan dan Pelatihan kepada 727 Siswa.

Saudara sudah lama menantikan datangnya hari ini, hari dimana Saudara dilantik menjadi siswa Pendidikan pembentukan Bintara Polri yang sudah mempersiapkan diri baik fisik, mental dan intelektual

“Saudara sudah mengikuti seleksi yang sangat kompetitif untuk mencapai cita-cita menjadi seorang Polisi sejati, belajar, belajar dan terus belajar karena sesungguhnya life long learning and never Ending proces of learning, jadi belajar dan berlatihlah dengan penuh semangat dan riang gembira” ucap Irjen Pol Nico

Dalam amanat tersebut membacakan pesan yang pertama, Bahwa pendidikan dilaksanakan secara tatap muka atau on kampus akan berhasil guna terpenuhinya kompetensi lulusan bintara Polri yang diharapkan 75% menjadi Garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Irjen Pol Nico, menyampaikan Diktuba Polri Tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya akan diterapkan kurikulum baru yang telah diresmikan Kapolri pada peringatan hari Bhayangkara 1 Juli yang diberikan nama kurikulum Presisi.

“Penjabaran kurikulum Presisi adalah program transformasi Polri yang presisi untuk menjawab tantangan Polri yang kekinian berkaitan dengan pembangunan karakter kebangsaan pemahaman sejarah Perjuangan dan Pembentukan negara Indonesia, hakekat fungsi Polisi, Kebhinekaan, termasuk menjawab tantangan dalam revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0, demokratisasi dan globalisasi melalui penguasaan kompetensi kemandirian literasi data dan literasi teknologi” Urai Kapolda Jatim

Baca Juga :  Bareskrim Usut Dugaan Pidana Perbankan PT Bosowa Yang Tak Jalankan Perintah OJK

Polri saat ini, secara khusus Pendidikan reguler dengan sumber biaya ABPN dan Pendidikan Hibah dengan Sumber pembiayaan dari APBD terdapat 10.650 serdik Reguler dan 4.636 serdik dari sumber Hibah yang berasal dari Propinsi Papua, Papua Barat, Kalsel, Sumsel, Babel, dan Jatim Sehingga jumlahnya menjadi 15.286 serdik yang terdiri 14.609 pria dan 677 wanita.

Seluruh siswa ini nantinya akan menjalani 5 (lima bulan) Pendidikan di 36 Satdik Polri, yang terdiri dari 31 SPN di Seluruh Indonesia, Sepolwan, Pusdik Brimob, Sabhara, Binmas, dan Polair. Para Peserta Didik Reguler dan hibah akan dididik bersama, dimana peserta Didik Hibah akan disebar di 31 Satdik sesuai dengan kemampuan kapasitas kampus.

Di akhir amanatnya, untuk menjawab Tantangan ini, telah ditetapkan 8 (delapan) Program Prioritas Tranformasi Pendidikan Polri, sebagai berikut :

1. Mewujudkan Kampus Yang Sehat, Kampus Yang Siap Prokes, Faskes Kampus dan Personel yang Sehat.

2. Mewujudkan Kampus Yang Aman, Kampus dengan Maksimum Sekuriti, memiliki Plant Protectionyang prima, Penjagaan yang Kuat, Menimbulkan Efek Cegah dan Efek Gentar.

3. Mewujudkan Kampus sebagai Pusat keunggulan Kampus Sebagai Pusat Rujukan Pustaka dan Keilmuan Rujukan Kampus Hijau, Bersih dan Indah Rujukan Budaya dan Tradisi Kepolisian.

4. Menjadikan Kampus Tempat Favorit dan Prestasi, Kampus yang didukung aturan Binkar yang berpihak kepada gadik, Serta di isi dengan Personel Berprestasi yang untuk dan akan di Promosi.

5. Membangun Kampus dengan Kurikulum Kekinian dan Menjawab Tantangan Tugas.

6. Membangun Kampus dengan Struktur Kuat.

7. Membangun Kampus Kebangsaan, Melaksanakan pendidikan Integrasi TNI/POLRI disemua jenis dan Jenjang Pendidikan.

8. Mewujudkan Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian yang Inklusif untuk Umat ManusiaSementara itu Kabid Humas Polda Jatim menambahkan, diakhir upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan Bintara Polri TA 2021, “Usai acara Upacara Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta S.I.K., S.H., M.H memberikan Bantuan Sosial berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Lingkungan SPN Polda Jatim” Kata Kombes Pol Gatot Repli

Baca Juga :  Komunikasi dan Sinergitas, Kapolda Jatim Jalin Silaturahmi ke Pangkoarmada II

“Dalam kegiatan ini, Kapolda Jatim didampingi Ka SPN, Pejabat utama Polda Jatim, Kapolres Mojokerto dan Kapolres Mojokerto Kota serta Gadik SPN”. Pungkas Kabid Humas Polda Jatim

baca juga :

Silaturahmi Kapolresta Mojokerto di Kediaman Ketua LDII

Redaksi Mojokerto

Pimpin Ops Yustisi, Kapolresta Mojokerto : Jangan Mudik!

Redaksi Mojokerto

Kapolri Bareng Walikota Tinjau Vaksinasi Dosen dan Pemuka Lintas Agama

Redaksi Mojokerto