Jatimbangkit.com
Jatim Mojokerto

Sinergitas, Polres Pacitan Bersama TNI dan Forkopimda Fasilitasi Perguruan Silat Gelar Deklarasi Damai

jatimbangkit.com, Pacitan – Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, 13 perguruan dan organisasi pencak silat se-Kabupaten Pacitan, Jawa Timur melakukan deklarasi damai.

Aksi deklarasi damai ini digelar di Graha Bhayangkara Polres Pacitan,Polda Jatim sebagai salah satu upaya keterlibatan para pemuda berperan aktif menjaga keamanan dan ketentraman di tengah masyarakat.

“Kita siapkan sama-sama untuk menjaga Pacitan. Jangan lagi membahas latar belakang dan perbedaan baju,” kata Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd, Selasa (24/1/2023) sore.

Kapolres Wildan menilai, bahwa aksi deklarasi damai antar perguruan pencak silat tersebut bukan karena paksaan, namun atas dorongan pribadi masing-masing.

“Saya merasa ini bagian untuk sama-sama menjaga Pacitan. Mudah-mudahan selama saya menjabat, aman,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0801 Pacitan Letkol Inf Roliyanto menegaskan, upaya yang dilakukan Forkopimda bersama perguruan pencak silat tersebut tidak semata-mata hanya menggugurkan kewajiban.

“Kita patut bersyukur karena kerukunan antar warga di Pacitan tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Terima kasih atas kesediaannya para pesilat semuanya,” ucapnya.

Ia menekankan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat tersulut provokasi di media sosial yang disinyalir memicu pertikaian antar kelompok.

Selain itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengajak seluruh pemuda dan komunitas pencak silat yang ada di Kota 1001 Goa untuk mengambil bagian dalam pembangunan.

“Maju dan tidaknya ada di tangan panjenengan semua, mari sama-sama saling menghargai demi terciptanya keamanan dan ketertiban,” pintanya.

Tidak ketinggalan, dalam deklarasi damai tersebut, Ketua Umum IPSI Pacitan Khusnul Qomaruddin berkomitmen tetap mengembangkan tradisi dan seni bela pencak silat dengan cara damai.

“Kami menghimbau seluruh yang hadir di sini tidak menggelar konvoi di jalan raya demi terciptanya kamtibmas,” pungkasnya.

Baca Juga :  Selangkah Lebih Maju, Polresta Mojokerto Gelar Rapat Luar Biasa Primer Koperasi

13 perguruan pencak silat di Kabupaten Pacitan yang mengikuti deklarasi damai terdiri dari PSHT, PSHW, PRSH, Pagar Nusa, Tapak Suci, Persinas Asad, Cempaka Putih, Bunga Islam, IKS PI Kera Sakti, Persaudaraan Rasa Tunggal, Bintang Surya dan Panca Hewan. (*)

baca juga :

Polres Pacitan Berhasil Mengungkap BBM Oplosan

Redaksi Mojokerto

Polisi di Pacitan Dampingi Warga Buat Minyak Goreng Berbahan Kelapa Hingga Bagikan Secara Gratis

Redaksi Mojokerto

Polres Pacitan Raih Penghargaan dari Komnas Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Indonesia

Redaksi Mojokerto