Jatimbangkit.com
Terkini

Polwan Cantik sebagai Dan Up Apel Kesiapan Ops Keselamatan Semeru 2021

Mojokerto Bangkit – Wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid – 19 dengan Disiplin Prokes, Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi, S I.K, M.I.K. menjadi Irup Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Semeru 2021 dengan Dan Up Kasat Lantas AKP Fitria Wijayanti, SIK di lapangan Maha Patih Gajah Mada. Senin (12/04/21)

 

Apel kesiapan ini dihadiri Forkopimda Kota Mojokerto Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto. SH., Wakil Walikota Mojokerto H. A.Rizal Zakaria, Mojokerto., Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto Sutrisno,S.H,M.H., Dandenpom V/2 Mojokerto Letkol Cpm Sucipto. SH, Waka Polres Mojokerto Kota KOMPOL Iwan Sebastian, S. ST., SH., MH, Kasubgar Garnisun Mayor Pomal Aan Hendrawan, Kasatpol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono,S.Stp, Kadishub Kota Mojokerto Drs. Endri Agus Subianto,S.Stp.

 

Sebanyak 175 PERSONEL yang dilibatkan dalam Operasi Keselamatan Semeru 2021 dengan rincian 130 personil Polresta Mojokerto Kota, 21 personil Kodim 0815 Mojokerto, 10 Personil Denpom V/2 Mojokerto dan Garnisun dan 20 Personil Gabungan Satpol PP dengan Dishub Kota Mojokerto.

 

Kapolresta Mojokerto dalam amanat nya menyampaikan saya selaku pimpinan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota dan instansi terkait atas tugas dan pengabdiannya dalam rangka pencegahan covid 19 khususnya di wilayah hukum polres mojokerto kota.

 

Permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program prioritas kapolri untuk mentrasformasi menuju polri yang “presisi”

Baca Juga :  Kunker di Sulut, Kapolri Pastikan Keamanan Gereja Di Malam Jumat Agung

 

Pelaksanaan operasi keselamatan tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya khususnya pada tahun 2020, dimana saat ini masih dalam situasi pandemi, meskipun penularan covid 19 di wilayah hukum polres mojokerto kota mengalami trend penurunan, namun demikian harus tetap diwaspadai mengingat penyebaran virus ini sangat cepat dan hingga saat ini belum ditemukan obat medis yang bisa menyembuhkan secara langsung keberhasilan menekan penyebaran covid 19 polres mojokerto kota ini tidak lepas dari kebijakan ppkm mikro yang hingga saat ini masih dilaksanakan diitambah dengan kegiatan sosialisasi 5m dan 3t yang cukup masif serta kegiatan vaksinasi yang saat ini sudah sebagian besar diberikan kepada tenaga kesehatan, tenaga pelayanan publik dan lansia.

 

Kondisi seperti ini harus tetap dipertahankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terrutama menjelang ramadhan dan idul fitri 1442 h, dimana diperkirakan apabila kebijakan yang telah dilakukan tersebut dilakukan pelonggaran terutama terkait aktivitas masyarakat yang menimbulkan kerumunan , maka akan berakibat menimbulkan lonjakan penyebaran covid 19 seperti yang terjadi pada pasca libur natal 2020 dan tahun baru 2021 yang lalu.

 

Selain itu adanya kebijakan pemerintah terkait kebijakan larangan mudik lebaran tahun 2021 perlu didukung secara optimal dengan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat supaya mereka mengerti dan paham bahwa kebijakan tersebut untuk kepentingan kita bersama agar penyebaran covid 19 di indonesia dan khususnya di wilayah kota mojokerto bisa dikendalikan sehingga ke depan bangsa kita sudah bebas dari pandemi covid 19

 

Perlu kita ketahui bersama serangkaian kegiatan pengamanan ibadah keagamaan yang kami lakukan bersama pihak terkait mulai dari paskah hingga saat ini berjalan aman dan lancar tidak terjadi aksi teror. perlu diketahui bahwa sebelum itu telah dilakukan penangkapan oleh tim densus 88 salah satu tersangka yaitu di tempat kos di daerah kec. mojoanyar kab. mojokerto dan ternyata tersangka merupakan warga asli di kelurahan miji kota mojokerto. paska kejadian aksi teror di makassar kami dari polres mojokerto kota bekerjasama dengan intel dari kodim melakukan pemetaan dan alhamdulillah di wilayah hukum kami aman

Baca Juga :  KPK RI Gelar Rakord Pencegahan Korupsi Bersama Forkopimda Mojokerto

 

tugas pengamanan dilakukan bersama sama hal tersebut mencerminkan toleransi. agama apapun mengecam tindakan terorisme, kami memohon informasi dari para hadirin sekalian untuk memberitahukan jika ada orang / kelompok yang terdapat ciri ciri seperti intoleran, anti bhinneka terkait engan intruksi walikota yang berkaitan pada bulan suci ramadan 1442 h kami memohon agar para hadirin melakukan sosialisasi di tempatnya masing – masing guna mendukung kelancaran dalam melaksanakan ibadah di bulan suci ramadhan dan kami berharap di setiap masjid agar menyiapkan petugas penegak protokol kesehatan guna mengantisipasi jamaah yang melanggar prokes dan kelebihan kapasitas saat melaksanakan ibadah.

 

Oleh karena itu dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang bulan ramadhan dan idul fitri 1442 h/2021 serta di tengah pandemi virus corona (covid-19) dan antisipasi aksi teror di bumi majapahit ini, maka polres mojokerto kota melaksanakan ops keselamatan semeru 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai gakkum secara selektif prioritas operasi keselamatan ini akan dilaksanakan selama 14 hari di mulai tanggal 12 sd 25 april 2021, dengan kuat personel sebanyak 55 personel polres mojokerto kota, dimana sasaran dari operasi ini antara lain masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas serta masyarakatyangbelummemahamitentang larangan mudik lebaran tahun 2021, serta mengantisipasi kejadian terorisme yang kita ketahui bersama pada saat ini.

 

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan khususnya dalam rangka mendukung krbijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid 19 dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dan mengantisipasi kejadian terorisme di wilayah hukum Polresta Mojokerto,” Ucap AKBP Deddy Supriadi.

Baca Juga :  Pantau dan Menyapa Jemaat Gereja, Kapolresta Mojokerto : Nilai Aman Itu Mahal

 

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa penekanan kepada para peserta apel, sebagai berikut :

  1. laksanakan deteksi dini, aksi dan intervensi dini terhadap seluruh potensi kerawanan terkait kamseltibcarlantas, penyebaran covid19 dan terorisme agar pelaksanaan operasi dapat optimal dan tepat sasaran;

 

  1. laksanakankegiatanedukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milineal sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas

 

  1. lakukan koordinasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan sosialisasi larangan mudik lebaran kepada masyarakat sehinga masyarakat dapat patuh dan taat terhadap kebijakan pemerintah tersebut

 

  1. jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal

 

  1. tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab

Polwan Cantik yang menjadi Danup adalah Kasat lantas Polresta Mojokerto ini AKP Fitria Wijayanti, SIK mengaku baru pertama kali ini menjadi Dan Up di Polresta Mojokerto.

 

 

 

 

baca juga :

Hujan Gerimis, Ops Yustisi Tindak tegas 185 Pelanggar

Redaksi Mojokerto

Subhanallah, Kapolresta Mojokerto Gugah Sahur

Redaksi Mojokerto

Wujudkan Harkamtibmas, Bupati Mojokerto Bersama Tiga Pilar Rakord Sosialisasi Program Inovasi MESRA

Redaksi Mojokerto